Friday, March 8, 2013

Sistem Informasi Retail

Saya mendapat tugas kuliah, dimana saya diwajibkan untuk meng-share, sistem informasi apa yang sudah pernah saya buat. Jadi untuk saat ini, saya akan meng-share, Sistem Informasi Retail yang pernah saya buat menggunakan Visual Basic, dengan component-component maupun reference Microsoft Excel, dengan menggunakan basis data yang saya buat sendiri (tidak menggunakan MySQL, etc).

Beberapa bulan yang lalu, saya mencoba untuk membuat program Sistem Informasi Retail. Di dalam program ini, kita bisa membuat stok barang, data pelanggan, data salesman, dan data supplier.

Dari ke 4 data tersebut, kita bisa membuat sebuah transaksi penjualan maupun pembelian. Setiap transaksi akan mengubah jumlah stok barang, sistem akan secara otomatis menyimpan kronologis transaksinya, kemudian data akan disimpan, dan printer yang tersambung akan mencetak faktur.

Setelah itu, terdapat juga fitur untuk mencetak transaksi-transaksi yang sudah pernah terjadi, laporan penjualan, laporan pembelian, laporan stok, laporan piutang, laporan hutang, dan laporan rugi laba. User hanya cukup menginput range tanggal, atau / dan salesman, atau / dan pelanggan, atau / dan supplier. Hal ini dilakukan agar user mudah untuk mengakses laporan, dan mencetak laporan per hari, minggu, bulan, maupun tahunan.

Tidak lupa juga, saya membuat basis data tentang user, agar tidak semua user ataupun spesifik user dapat mengakses, atau / dan mengubah data-data yang sudah ada.

Tetapi, saya lupa untuk membuat sebuah basis data yang menyimpan kronologis / log aktifitas user. Dan juga, untuk enkripsi dari basis data yang saya buat masih menggunakan enkripsi dasar, sehingga orang yang mempunyai pengetahuan enkripsi dasar mungkin dapat membacanya. Karena saya sudah memasuki semester 8, dan mungkin saya akan mulai sibuk karena urusan kuliah ataupun karena urusan game (LOL!) , maka proyek program ini dihentikan.

No comments:

Post a Comment