Friday, June 10, 2011

Metode Organisasi - Pengertian Efesiensi

Efisiensi adalah perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh atau output dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber dan waktu yang digunakan. Kalau dirumuskan sebagai : Efisiensi = Output / Input.
Efisiensi disini harus diperhatikan benar-benar karena merupakan syarat atau ukuran pada pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya sehingga metode organisasi adalah bantuan secara teknis atau praktis dalam melaksanakan fungsi manajemen agar dapat memanfaatkan sumber-sumber waktu dan ruangan yang tersedia secara maksimal.
Adapun syarat pencapaian efisiensi dalam metode organisasi adalah sebagai berikut:
  1. Pencapaian target harus berhasil supaya target tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dengan mutu dari hasil kerja tersebut juga harus diperhatikan.
  2. Ekonomi artinya dalam pencapaian efektif penggunaan biaya, tenaga kerja, material, peralatan dan waktu sudah digunakan setepat-tepatnya. 
  3. Pelaksanaan kerja harus dapat dipertanggung jawabkan. 
  4. Harus benar-benar mecerminkan pembagian kerja yang nyata karena adanya keterbatasan kemampuan perseorangan.
  5. Rasionalitas wewenang dan tanggung jawab artinya antara wewenang dan tanggung jawab yang dibebankan kepada tenaga kerja harus seimbang.
  6. Prosedur kerja yang praktis, dapat dikerjakan dan dapat dilaksanakan. Hal ini untuk mencerminkan bahwa metode organisasi adalah kegiatan yang praktis maka target efektif dan ekonomis, pelaksanaan kerja yang dapat dipertanggung jawabkan serta pelayanan kerja yang memuaskan.
 
Efisiensi kerja dapat ditingkatkan melalui:
  1.  Pelaksanaan fungsi manajeman secara tepat.
  2.  Pemanfaatan sumber daya ekonomi yang tepat.
  3.  Pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi sebagai alat pencapaian tujuan yang setepat-tepatnya.
  4.  Pengarahan dan dinamika organisasi dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan yang berkesinambungan.

No comments:

Post a Comment