Tuesday, June 14, 2011

Sifat Sosial dan Ekonomi - Produsen Barang Primer

Negara sedang berkembang pada umumnya mempunyai struktur produksi yang terdiri dari bahan dasar dan bahan makanan. Sebagian besar penduduknya bekerja disektor pertanian dan sebagian besar penghasilan nasional berasal dari sektor pertanian dan produksi primer non pertanian. Hanya sebagian kecil penduduk bekerja di sektor produksi sekunder dan produksi tersier.

Yang dimaksud dengan produksi primer adalah produksi dari sektor pertanian, kehutanan dan pertanian. Produksi sekunder meliputi hasil-hasil sektor industri, pertambangan dan bangunan. Sedangkan produksi tersier mencakup hasil dari jasa-jasa seperti listrik, air minum, pemeliharaan kesehatan, pengangkutan dan perhubungan.

Pada umumnya penduduk di negara sedang berkembang yang bekerja di sektor produksi perimer meliputi jumlah lebih dari 60%, di sektor produksi sekunder kurang dari 20% dan di sektor produksi tersier kurang lebih sejumlah 20%. Konsentrasi pada produksi primer ini disebabkan negara sedang berkembang itu memiliki faktor produksi tanah dan tenaga kerja yang relatif banyak.

Sesuai dengan prinsip comparative advantage dan comparative cost, maka negara sedang berkembang menghasilkan barang yang menggunakan lebih banyak tenaga kerja dan tanah.

No comments:

Post a Comment