Tuesday, June 14, 2011

Sifat Sosial dan Ekonomi - Orientasi ke Perdagangan Luar Negeri

Hampir semua negara di dunia ini mempunyai hubungan perdagangan luar negeri. Perbedaan negara sedang berkembang dengan negara yang sudah berkembang dalam hal perdagangan luar negeri adalah bahwa yang diperdagangakan oleh negara sedang berkembang terutama barang produksi primer, bahkan biasanya hampir selurunya untuk ekspor. Barang produksi primer yang diekspor ini, bukan menunjukan adanya suatu surplus (kelebihan) diatas kebutuhan dalam negeri, tetapi sebenarnya karena ketidakmampuan dalam mengolah barang tersebut menjadi lebih berguna.
Sehubungan dengan sifat khusus negara sedang berkambang seperi disebut diatas, meka titik berat sasaran pembangunan diarahkan kepada upaya mengatasi masalah yang sedang umum oleh Michael P. Todaro (MichaelP.Todaro di Wikipedia) dilukiskan sebagai berikut :
  • Menambah persedian dan memperluas distribusi barang keperluan hidup pokok, seperti makanan, pakaian, perumahan, kesehatan dan perlindungan bagi semua anggota masyarakat.
  • Menaikan taraf hidup, termasuk pendapatan yang lebih tinggi, penyedian lapangan kerja, pendidikan dan perhatian yang lebih banyak pada nilai kebudayaan dan kemanusian. Semua ini tidak hanya menaikan kesejahteraan saja, tetapi juga akan menimbulkan harga diri dan kebanggaan nasional.
  • Memperluas lingkup pilihan ekonomi dan sosial bagi perseroan dan negara dengan membebaskan mereka dari perbudakan dan ketergantungan . Hal ini tidak hanya dalam hubungan dengan orang-orang dan negara lain, tetapi juga dengan kebodohan dan penderitan kemiskinan.  

No comments:

Post a Comment