Saturday, January 19, 2013

Fungsi Customer Relationship Management

Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:

•    Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
•    Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
•    Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
•    Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
•    Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
•    Menangani keluhan/komplain pelanggan
•    Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
•    Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

Oleh karena itu agar sebuah sistem CRM dapat menjalankan fungsinya,maka diperlukan :

•    Perencanaan bisnis yang matang
•    Mendefinisikan tujuan dan sasaran dari penerapan CRM
•    Menentukan batasan-batasan dari CRM menurut strategi yang ditetapkan
•    Menentukan standar aturan penanganan strategi berdasarkan informasi dari system CRM seperti perubahan, perbaikan dan pemantapan strategi
•    Menentukan parameter dan standar pengukuran keberhasilan penerapan CRM

No comments:

Post a Comment